Minggu, 25 September 2011

Instalasi Garuda OS

1. Siapkan DVD kosong dan bakar (burn) file ISO GARUDA dengan software pembakar (burning tool) favoritmu. Untuk pengguna Windows, bisa mempergunakan Nero. Untuk pengguna Linux, bisa mempergunakan Brasero atau K3B.

2. Setelah selesai, ikuti panduan penggunaan DVD GARUDA dibawah.





Cara lain menggunakan ISO GARUDA – tanpa harus burn ke DVD – bisa dilakukan dengan menggunakan software virtualisasi seperti Virtual Box, QEMU, atau yang lainnya. Untuk cara penggunaan software ini, silakan dilihat di masing-masing website pembuat softwarenya.



* Untuk pengguna DVD GARUDA :



1. Nyalakan komputer dan masukkan DVD sebelum sistem operasi lain (biasanya Windows) berjalan. Jika Windows sudah aktif, silakan boot ulang komputer.



2. Klik menu pertama untuk menjalankan GARUDA.

NB : Jika GARUDA tidak bisa masuk ke Desktop (mode GUI), boot ulang dan gunakan pilihan menu ketiga (Video Safe mode VESA)



3. Bootsplash GARUDA akan ditampilkan di layar. Di tahap ini GARUDA melakukan pendeteksian perangkat keras komputer. Tunggu beberapa saat sampai proses pendeteksian dan pemuatan sistem GARUDA selesai.

NB: Tekan tombol ESC jika ingin mengetahui proses yang sedang dikerjakan di belakang layar. Jika ada kesalahan (misalnya karena proses pembakaran DVD yang tidak sempurna), biasanya pesan kesalahan juga akan ditampilkan disini.



4. Tekan tombol ENTER untuk menggunakan pilihan default layout papan ketik (US Keyboard).



5. Splashscreen GARUDA ditampilkan di layar. Di tahap ini GARUDA mempersiapkan lingkungan kerja untuk desktop.



6. Setelah masuk desktop, GARUDA sudah bisa dipergunakan untuk kegiatan berkomputer.



Code:



Jika diperlukan password, berikut password untuk :

* User root, password : root
* user guest, password : guestSemoga Bermanfaat :D

sumber

Tidak ada komentar: